.: Anda Suka Blog Ini? :.

.: Komentar Warga FB :.

Selasa, 11 Ogos 2009

Jilbab Jadi Inspirasi Seniman Jalanan Itali


beberapa anak berpose di depan street art yang mengangkat tema wanita berjilbab dalam masyarakat Barat. (SuaraMedia News)

beberapa anak berpose di depan street art yang mengangkat tema wanita berjilbab dalam masyarakat Barat. (SuaraMedia News)

TURIN, ITALIA (SuaraMedia News) – Bruno Pollet, atau yang lebih dikenal dengan BR1 adalah seorang seniman yang bergerak di bidang street art (seni yang menjadikan jalanan sebagai media). Kali ini dia mencoba menyajikan sebuah karya seni yang mengangkat tema yang seringkali dianggap sebagai momok bagi kehidupan Barat, dimana dia menyajikannya dalam potret-potret yang mengesankan sekaligus mematahkan Islamphobia: Jilbab.

“Proyekku adalah menjadi perwakilan bagi komunitas wanita Muslim dalam kehidupan sosial mereka. Saya telah mempelajari tema ini selama tahunan, dan sebagaimana yang anda lihat, di Turin, hasil karyaku telah menjadi sesuatu yang ambigu. Sebagian kelompok masyarakat sangat membenci mereka, sedang sebagian lainnya begitu mencintai dan kagum pada mereka. Saya berusaha memberi tahu mereka bahwa tidak ada yang aneh dengan jilbab. Wanita Muslim sama saja dengan wanita Barat. Wanita Muslim juga mewakili kehidupan manusia sehari-hari, sebagai seorang sosok ibu, nenek, saudara. Mereka juga berbicara, senyum, menangis. Pesan yang coba saya sampaikan lewat street art ini adalah: Wanita Muslim memiliki kebutuhan yang sama dengan wanita lainnya, hanya saja mereka mengenakan jilbab sebagai identitas mereka. Dan jilbab memiliki makna yang berbeda di setiap negara, oleh karena itu dengan hati-hati saya menggambarkan jilbab dalam aspek sosial.

Menurutku, saat ini telah menjadi sesuatu yang krusial untuk menggunakan seni sebagai alat menyebarkan pesan sosial. Terlebih lagi, saya telah mebuat pengamatan dan penelitian yang mendalam mengenai jilbab, membuat saya menjadi satu-satunya seniman dalam bidang street art yang mengambil tema kehidupan berjilbab, apakah ini sesuatu yang aneh? Secara umum, di bagian manapun di dunia, wanita telah menjadi inspirasi terbaik bagi kesenian, mengapa wanita Muslim tidak dapat menjadi bagian dari kesenian juga? Saya akan mengangkat tema apapun yang jarang diperhatikan, dan menjadikannya dalam sebuah sudut pandang yang berbeda.

Gambar-gambar itu saya buat dan saya warnai dengan tangan, dan tiap-tiap gambar tersebut memiliki keunikan tersendiri, karena seluruh gambar tersebut berdasarkan potret nyata kehidupan wanita Muslim yang saya ambil dari surat kabar, majalah, hingga internet, bahkan beberapa dari mereka merupakan tokoh-tokoh ternama (novelis, penyair, feminis, dll), untuk membuat dunia Barat membuka mata terhadap siapa sosok wanita Muslim sebenarnya, dan apa yang mereka lakukan.”

0 ulasan:




 

BICARA TINTA Copyright © 2008 Black Brown Art Template by Ipiet's Blogger Template