.: Anda Suka Blog Ini? :.

.: Komentar Warga FB :.

Isnin, 9 November 2009

Nebula: Secebis Daripada Kekuasaan-Nya


Nebula (Latin: "awan") merupakan awan antara bintang yang terdiri daripada debu, gas, dan plasma. Pada awalnya nebula merujuk pada nama umum yang diberikan untuk semua objek astronomi yang terbentang di langit, termasuk galaksi di luar Bima Sakti (beberapa contoh penggunaan nama lama masih digunakan seperti Galaksi Andromeda dirujuk sebagai Nebula Andromeda sebelum galaksi ditemui oleh Edwin Hubble).

Kawasan H II merupakan tempat kelahiran bintang-bintang. Ia terbentuk ketika awan molekul yang sangat besar meletup dengan disebabkan oleh daya gravitinya sendiri. Seringkali kejadian ini disebabkan oleh pengaruh letupan supernova yang berada berdekatannya. Apabila awan meletup dan berkecai, ia membentuk sehingga ratusan bintang baru. Bintang yang baru terbentuk mengionkan gas yang ada di sekitarnya lalu terciptalah nebula pancaran.

Nebula juga terbentuk disebabkan oleh kematian bintang. Sebuah bintang yang sedang mengalami perubahan ke tahap bintang kerdil putih dan memancarkan bahagian paling luarnya untuk membentuk nebula planet. Nova dan supernova juga dapat menciptakan nebula yang dikenal sebagai sisa-sisa nova dan sisa-sisa supernova.

Antara nebula yang wujud ialah:

1. Cat’s Eye Nebula (Nebula Mata Kucing).
2. Horse Head Nebula (Nebula Kepala Kuda).
3. Crab Nebula (Nebula Ketam).
4. Ant Nebula (Nebula Semut).
5. Eagle Nebula (Nebula Elang).
6. Tarantula Nebula (Nebula Kala Jengking).
7. Orion Nebula (Nebula Orion).
8. Eskimo Nebula (Nebula Eskimo).
9. Rosette Nebula (Nebula Bunga Mawar).
10. Red Square Nebula (Nebula Segi Empat Merah).
11. Ring Nebula (Nebula Cincin)
12. Eyes Of God Nebula
13. Barnard’s Loop.
14. Boomerang Nebula atau banyak disebut kupu-kupu galaksi.
15. Hourglass Nebula.

1. CAT’S EYE NEBULA (NEBULA MATA KUCING)
Nebula Mata Kucing (NGC 6543) adalah nebula yang terletak sekumpulan dengan (di area) rasi bintang Draco. Struktur nebula ini merupakan salah satu struktur nebula paling kompleksyang pernah diketahui. Nebula ini ditemukan oleh William Herschel pada tanggal 15 Februari 1786.


2. HORSE HEAD NEBULA(NEBULA KEPALA KUDA)
Nebula Kepala Kuda (dikenal juga sebagai Barnard 33) adalah Nebula yang gelap (dark) yang sekumpulan dengan bintang Orion. Jauhnya dari Bumi kira-kira 1.500 tahun cahaya. Nebula ini adalah Nebula yang paling mudah didentifikasi karena bentuk awan debu dan gasnya mirip kepala kuda. Nebula ini ditemukan oleh William Fleming pada tahun 1888.


3. CRAB NEBULA (NEBULA KETAM)
Nebula Kepiting (M1, NCG 1952, Taurus A) adalah nebula yang sekumpulan dengan bintang Taurus. Jauhnya dari Bumi kira-kira 6.500 tahun cahaya. Diketemukan pertama kali oleh John Bevis.

4. ANT NEBULA (NEBULA SEMUT)
Nebula Semut (Mz 3 = Menzel 3) ditemukan oleh Donald Howard menzel pada tahun 1922.

5. EAGLE NEBULA (NEBULA HELANG)
Nebula Helang (Messier 16/ M16, NGC 6611) adalah Nebula yang letaknya sekumpulan dengan bintang Serpens, ditemukan oleh Jean-Philippe de Cheseaux pada tahun 1745-1746. Jauhnya dari Bumi sekitar 7.000 tahun cahaya.

6. TARANTULA NEBULA (NEBULA LABAH-LABAH)
Nebula Labah-Labah (dikenal juga sebagai “30 Doradus”, atau NGC 2070). Yang semula diperkirakan sebagai bintang, kemudian pada tahun 1751 ditemukan oleh Nicolas Louis de Lacaille yang ternyata adalah Nebula.

7. ORION NEBULA
Orion Nebula (dikenal juga sebagai Messier 42, M42, atau NGC 1976) adalah Nebula yang tersebar panjang yang terletak di selatan lajur bintang Orion. Ia merupakan Nebula yang paling terang dan dapat dilihat dengan mata telanjang di atas langit pada malam hari sebagai bercak kabur berkilau mirip pedang Orion. Jaraknya dari Bumi sekitar 1.270 tahun cahaya. Nebula ini pertama kali ditemukan pada tahun 1610 oleh Nicolas Claude Fabri de Peiresc.

8. Clown Face Nebula (Eskimo Nebula)
Nebula Eskimo (NGC 2392) dikenal juga sebagai Clownface Nebula / Nebula Muka Badut. Ditemukan oleh astronom William Herschel pada tahun 1787. Jaraknya 3.000 tahun cahaya dari Bumi.

9. ROSE NEBULA (NEBULA BUNGA MAWAR)
Nebula Bunga Mawar adalah nebula yang sangat besar, letaknya di sekitar bintang Monoceros di area Galaxi “Milky Way”. Jaraknya sekitar 5.200 tahun cahaya dari Bumi. Jika diteliti, kejadian nebula ini telah disebut di dalam Al-Quran sebagaimana di bawah:


10. RED SQUARE NEBULA (NEBULA SEGI EMPAT MERAH)
Nebula Segi Empat Merah adalah Nebula yang letaknya sekumpulan dengan bintang MWC 922. Nebula ini pertama kali di ambil gambarnya dengan menggunakan teleskop “Mt Palomar Hale” di Californiadan dipublikasikan pada April 2007. Bentuk empat persegi Nebula ini, merupakan bentuk obyek angkasa yang paling simetris (belahan yang sama) yang pernah ditemukan.

11. RING NEBULA
Nebula Cincin (Messier 57, M57 atau NGC 6720) adalah Nebula yang terletak di utara bintang Lyra, sebelah selatan bintang terterang, Vega. Nebula Cincin ini dtemukan pertama kali oleh Antoine Darquier de Pellepoix pada Januari 1779.


12. HELIX NEBULA-Eyes Of God Nebula
Para ilmuwan menyebut gambar bintang yang berhasil ditangkap oleh sebuah teleskop raksasa di pegunungan Chili ini Mata Tuhan. Mata Tuhan atau dikenal juga dengan sebutan Helix Nebula memandang bumi jauh dari ruang angkasa atau mencapai sekitar 700 tahun cahaya.
Helix Nebula terletak pada konstelasi Aquarius dan dapat diamati oleh astronom amatir menggunakan teleskop biasa walaupun tampak redup gambarnya. Menempati sebuah wilayah di langit dengan ukurannyayang mencapai separuh dari bulan purnama, Helix Nebula berukuran sangat besar sehingga dibutuhkan pantulan cahaya dua setengah tahun untuk mengitarinya.

13. BARNAD’S LOOP
Nebula “Barnad’s Loop” (Sh 2-276) adalah Nebula yang terlelak sekumpulan dengan bintang Orion. Bisa dilihat (namun sulit) dengan mata telanjang di angkasa di gelapan malam hari. Jaraknya dari Bumi kira-kira 1.600 tahun cahaya.

14. BOOMERANG NEBULA (Kupu-kupu galaksi)
Nebula Boomerang (disebut juga Bow Tie Nebula) adalah nebula yang terletak di area bintang Centarius yang jauhnya dari Bumi kira-kira 5.000 tahun cahaya. Pada tahun 1998 Nebula Boomerang difoto secara terperinci oleh “Hubble Space Telescope” (Teleskop Ruang Angkasa Hubble)

15. HOURGLASS NEBULA (Nebula Jam Pasir)
Hourglass Nebula (dikenal juga sebagai MyCn 18) adalah Nebula yang berada di area selatan bintang Musca yang jauhnya dari Bumi kira-kira 8.000 tahun cahaya. Ia ditemukan pertama kali oleh Annie Jump Cannon dan Margaret W. Mayall

p/s: InsyaAllah. gambar akan dimuatkn dari semasa ke semasa

sumber:
1. http://www.indogamers.com/f261/info_jenis_jenis_nebula_dan_variasinya-245712/
2.http://ms.wikipedia.org/wiki/Nebula

0 ulasan:




 

BICARA TINTA Copyright © 2008 Black Brown Art Template by Ipiet's Blogger Template