.: Anda Suka Blog Ini? :.

.: Komentar Warga FB :.

Selasa, 11 Ogos 2009

Hubungan Mesra Indonesia-Israel Di Sebalik Tabir


Secara diplomatik, Indonesia tak memiliki  hubungan resmi dengan Israel. Tetapi secara diam-diam, jalinan mesra melalui dagang rupanya terbina dengan baik. (SuaraMedia News)Jakarta (SuaraMedia News) - Sebuah delegasi resmi Israel telah mengunjungi Indonesia untuk pertama kalinya, padahal Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Demikian dikabarkan media massa online Israel, Ynet (4/8).

Rombongan delegasi Israel terdiri dari delapan perwakilan dari perusahaan-perusahaan Israel yang diorganisasi oleh Israel Export and International Cooperation Institute dan Kementerian Industri, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Israel.

Kunjungan itu merupakan balasan atas kunjungan yang telah dilakukan pihak Indonesia --rombongan dari Kamar Dagang Indonesia (KADIN)-- ke Israel di tahun 2006.

Oleh karena Israel tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia, maka diperlukan tiga tahun untuk membangun infrastruktur yang diperlukan untuk menciptakan sebuah hubungan dagang secara langsung, yang bisa diakui dan diperbolehkan secara hukum di kedua negara. Demikian yang dikatakan Ana Katz, Atase Perdagangan Israel di Singapura, sebagaimana dirilis oleh harian Israel The Jerusalem Post, Senin (4/8).

Masih mengutip Ana Katz, tujuan dari kunjungan delegasi Israel itu untuk memperkuat hubungan di antara kedua negara.

"Kami terus bekerja secara konsisten selama beberapa tahun belakangan untuk memperkuat hubungan dalam bidang bisnis di kedua negara," kata Ana Katz. "Tantangan 'di luar aktivitas', di negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan kami, sangat besar," katanya menambahkan.

"Dalam tiga tahun terakhir, kami memusatkan perhatian pada pembangunan infrastruktur untuk menciptakan sistem hubungan perdagangan langsung antarpengusaha di kedua negara, yaitu hubungan yang diperbolehkan oleh hukum di kedua negara."

"Infrastruktur ini mencakup menciptakan hubungan dengan pejabat-pejabat kunci di pihak Indonesia, sembari melakukan proses dengan menyewa penasihat yang bekerja di bawah Departemen Perdagangan di kedutaan dan membantu aktivitas perusahaan-perusahaan Israel yang ada di Indonesia," kata Ana Katz menjelaskan.

Volume perdagangan antara Israel dengan Indonesia sebesar USD 47,8 juta selama kurun waktu 6 bulan pertama tahun 2009. Angka itu turun 60% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Volume ekspornya total USD 5,2 juta, turun dari USD 7,7 juta pada periode yang sama di tahun 2008.

Angka penurunan yang cukup besar itu mungkin antara lain dipengaruhi serangan Israel ke Gaza pada akhir bulan Desember 2008 hingga Januari 2009 lalu.

Harian The Jakarta Post--sebagai mana dikutip UPI (6/8)--tahun lalu melaporkan, delegasi Indonesia dalam kunjungannya ke Israel telah menandatangani persetujuan kerjasama di bidang medis dengan Magen David Adom dan Komite Distribusi Bersama Amerika-Israel (American Israel Joint Distribution Committee) di Tel Aviv senilai USD 200.000.

Ketua delegasi Indonesia ketika itu menyatakan, kunjungan yang dilakukan pihak Indonesia tidak mungkin bisa dilakukan jika saja MDA (Magen David Adom) belum diakui sebagai anggota Palang Merah Internasional.

Magen David Adom, sering disebut Mada atau Red Shield of David atau Red Star of David, adalah badan nasional Israel yang memberikan layanan pertolongan medis, bencana, ambulan, dan bank darah. Telah diakui secara resmi menjadi anggota Palang Merah Internasional pada tahun 2006.

Akhir Juni lalu DPR-RI telah menolak rencana pembelian alat militer buatan Israel, berupa Unmanned Aerial Vehicles (UAV), yang lebih dikenal dengan drones, pesawat pengintai tanpa awak. Jenis pesawat tersebut digunakan Israel sebelum, selama, dan sesudah serangan 22 hari ke Gaza beberapa bulan lalu, untuk memindai seluruh wilayah Gaza selama 24 jam, sehingga menimbulkan trauma bagi penduduk Gaza--terutama anak-anak.

Anak-anak Gaza menyebutnya dengan Zananat, meniru bunyi yang dikeluarkan oleh pesawat itu.(hdt)

0 ulasan:

FOM Ads
Photobucket



 

BICARA TINTA Copyright © 2008 Black Brown Art Template by Ipiet's Blogger Template